7 Tata Cara Adab Sholat Berjamaah Yang Harus Diketahui

7 Tata Cara Adab Sholat Berjamaah Yang Harus Diketahui

Sholat merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim. Hal ini menjadi sebuah kewajiban maupun tuntutan yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim yang sudah baligh atau dewasa. Adab sholat berjamaah pun diatur dalam sebuah aturan yang relevan sehingga dapat dijadikan panduan ataupun acuan dalam melaksanakan ibadah bagi umat muslim. Sholat sendiri menjadi salah satu rukun islam, tepatnya rukun islam nomor dua, yang menuntut agar seluruh umat muslim menjalankan ibadah sholat.

Hal Wajib yang Harus Dilakukan

Setiap muslim di seluruh dunia pasti menjalankan ibadah sholat. Baik itu secara beramaah mauoun secara individu. Namun keutamaan sholat secara berjamaah memang telah diatur dalam Al-Qur’an dan hadits. Sholat sendiri ada 5, yaitu dikerjakan pada waktu subuh, kemudian dzuhur, ashar, magrib serta isya. 

Dalam melaksanakan sholat lebih diutamakan dilaksanakan secara berjamaah, mengingat pahala serta amalnya akan lebih  banyak dibandingkan mengerjakan secara sendiri dirumah. Dalam melaksanakan sholat tentu ada beberpa aturan yang harus dipatuhi.

1.Melaksanakan Wudhu

Dalam sholat berjamaah, wudhu merupakan hal yang harus dilaksanakan pertama kalinya. Ini sebagai langkah mensucikan diri dari najis serta kotoran-kotoran yang ada pada tubuh sebelum melaksanakan sholat berjamaah. Wudhu menjadi salah satu landasan saat akan mengerjakan ibadah sholat. Karena ada hadits serta aturan dalam Al-Quran yang mewajibkan melaksanakn wudhu sebelum sholat.

2. Membaca Doa Ke Masjid

Saat akan melaksanakan sholat berjamaah di masjid dianjurkan untuk membaca doa ke masjid. Membaca doa ke masjid tentunya akan mendapat pahala, dengan begitu setiap langkah yang digunakan untuk melaksanakan ibadah sholat berjamaah di masjid akan terhitung sebagai pahala.

3. Membaca Doa Saat Masuk Masjid

Setelah sampai di masjid pun dianjurkan untuk membaca doa masuk masjid. Baik masuk dan keluar masjid dianjurkan untuk membaca doa. Ini menjadi salah satu adab sholat berjamaah di masjid, sama seperti masuk ke rumah atau bertamu. Saat masuk masjid sendiri sebagai umat muslim merupakan kegiatan memasuki rumah Allah, yang tentu saja harus membaca doa layaknya ketika bertamu.

4. Tidak Lewat Saat Ada yang Mengerjakan Sholat

Saat melaksanakan sholat berjamaah di masjid hendaknya tidak lewat secara sembarangan ketika ada yang mengerjakan shalat. Lebih baik menunggu sampai orang tersebut selesai mengerjakan sholatnya. 

Selain hal tersebut tidak sopan, dengan sembarang lewat saat ada yang sedang mengerjakan sholat bisa mencerminkan bahwa kurangnya adab yang dimiliki saat mengerjakan sholat berjamaah di masjid.

5. Mengerjakan Sholat Sunah

Sebelum melaksana kan sholat berjamaah dianjurkan untuk mengerjakan sholat sunah dua rakaat. Sholat ini dikerjakan sebelum duduk. Jadi sambil menunggu panggilan sholat berjamaah, hendaknya mengerjakan sholat sunah dua rakaat.

6. Menjawab Adzan

Saat adanya adzan, sebagai makmum diwajibkan untuk menjawab adzan, yaitu dengan mengulang kata-kata yang diucapkan oleh seorang muadzin.  Setelah menjawab adzan ada baiknya berdoa setelah selesai adzan. Doa dan bacaan saat menjawab adzan dapat dilihat di panduan sholat.

7. Merapikan Shaf Sebelum Sholat

Sebelum sholat berjamaah, barisan harus dirapikan dan tidak boleh ada space kosong. Dalam hal ini ada sabda dari Rasulullah bahwa dengan merapikan shaf ketika sholat berjamaaah maka terhindar dari hal buruk. Jangan biarkan ada shaf yang kosong, ketika kosong maka harus segera diisi.

8. Membaca Niat dan Melaksanakan Sholat

Saat imam sudah mengucapkan takbir, maka sebagai makmum harus membaca niat dan kemudian sholat secara berjamaah. Saat melaksanakn sholat hendaknya dilakukan dengan khusuk. Dengarkan bacaan imam sholat dan membaca doa-doa ketika sholat.

Itulah beberapa adab sholat berjamaah. Sebagai salah satu kewajiban umat muslim, sholat harus dilaksanakan dengan khusyu. Perhatikan sekitar saat akan melaksanakan sholat berjamaah. Sopan santun merupakan hal terpenting saat melaksanakan sholat secara berjamaah.,

Baca Juga : Cara Mengganti Puasa Ibu Hamil dan Menyusui Dengan Membayar Fidyah