9 Keutamaan Muadzin untuk Tabungan Amal di Akhirat

9 Keutamaan Muadzin untuk Tabungan Amal di Akhirat

Di dalam setiap masjid atau musholla sudah dipastikan ada seorang muadzinya. Muadzin bertugas untuk mengumandangkan azan untuk mengingatkan umat islam jika sudah masuk waktu sholat. Tak ada syarat yang banyak untuk menjadi muadzin, siapa saja bisa asal niat yang ikhlas kepada Allah. Lalu, sudah tahu kah apa saja Keutamaan Muadzin?

Menjadi seorang muadzin merupakan suatu hal yang mulia. Sebab, mengajak orang lain untuk beribadah kepada Allah SWT. Keutamaan yang didapat oleh muadzin pun sangat berlimpah. Maka dari itu, inilah beberapa keutamaan yang didapat jika menjadi muadzin.

1. Diampuni Dosanya

Keutamaan menjadi muadzin yang pertama ialah dosanya dapat diampuni. Selama ia sedang mengumandangkan azan, maka di situlah dosa-dosanya diampuni oleh Allah SWT. Sebab, niatnya yang baik dan ikhlas untuk mengajak umat islam lainnya agar segera melaksanakan ibadah sholat.

2. Dijauhi dari Setan

Syetan memiliki tugas untuk membuat lalai manusia untuk tidak melaksanakan ibadah kepada Allah. Biasanya syetan akan merasa takut saat mendengar azan berkumandang. Oleh karena itu, ketika muadzin mengumandangkan azan, maka syetan akan menjauh dari lingkungan sekitar muadzin.

3. Mendapat Pahala yang Berlimpah

Pahala yang berlimpah senantiasa akan menjadi Keutamaan Muadzin. Mungkin, muadzin hanya terlihat sekadar mengumandangkan azan, tapi ternyata pahala yang didapatnya sangat banyak. Sebab, muadzin selalu mengajak orang lain untuk mengingat Allah dan beribadah kepada Allah.

4. Dapat Dikenali di Hari Kiamat

Di hari kiamat nanti, muadzin dapat dikenali oleh Rasul. Sebab di hari kiamat nanti, muadzin memiliki ciri leher yang panjang. Hal ini terjadi area yang dijangkau pada saat mengumandangkan azan sangat panjang dan luas. Serta hal ini dapat menjauhkan dari kesusahan di hari kiamat.

5. Memiliki Pahala dari yang Sholat

Selain mendapat pahala karena mengajak orang lain sholat. Muadzin juga akan mendapat pahala dari orang yang sholat karena mendengar azan yang dilantunkan. Tentunya, hal ini merupakan suatu keutamaan muadzin yang dapat melipat gandakan pahala. Hal ini juga bisa menjadi tabungan amal baik untuk di akhirat nanti.

6. Mendapat Doa dari Rasulullah

Rasulullah akan senantiasa mendoakan hal baik untuk muadzin. Tentunya ini merupakan hal yang sangat istimewa. Seperti diketahui, doa Rasulullah akan selalu dikabulkan oleh Allah SWT. Maka dari itu, sangat beruntung saat mendapat doa dari Rasulullah.

7. Dibanggakan di Depan Malaikat

Tentunya muadzin akan selalu dimuliakan oleh Allah SWT. Serta menceritakan kebaikan muadzin di depan malaikat. Sebab, Allah SWT sangat bangga dengan apa yang dilakukan muadzin. Mengingatkan dan mengajak yang lain untuk senantiasa beribadah kepada Allah SWT.

8. Memudahkan Jalan Menuju Surga

Keutamaan yang akan didapat muadzin berikutnya adalah dimudahkannya jalan untuk menuju dan masuk ke syurga. Hal ini terjadi, karena muadzin mengikuti jejak Rasulullah yang mana mengumandangkan adzan. Tentunya, hal ini akan mendapat pahala dengan dihadiahi syurga. Maka dari itu, menjadi muadzin dapat membawa banyak kebaikan dan pahala yang dapat memudahkan jalan menuju syurga.

9. Menjadi Teladan yang Baik

Mengumandangkan adzan merupakan suatu kegiatan baik yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT. Mengingatkan dengan hati yang ikhlas untuk beribadah di setiap waktu. Tentunya hal ini menjadi contoh mulia dan teladan baik yang bisa diikuti oleh siapapun.

Demikianlah 9 Keutamaan Muadzin yang bisa didapat jika dilakukan dengan hati yang ikhlas karena Allah SWT. Begitu banyak pahala yang didapat jika menjadi muadzin karena mengumandangkan adzan. Semoga ulasan mengenai keutamaan menjadi muadzin ini bisa menjadi referensi.

Baca Juga : Pengobatan Ala Rosul, Begini Cara Rasulullah Mengobati Penyakit