Hikmah Sholat Idul Adha yang Harus Diketahui

Hikmah Sholat Idul Adha yang Harus Diketahui

Sholat Idul Adha merupakan sholat yang dikerjakan setiap Hari Raya Idul Adha. Hari Raya Idul Adha jatuh setiap 10 Dzulhijjah. Masih banyak yang belum mengetahui mengenai keutamaan dan hikmah sholat Idul Adha. Salah satu hikmahnya adalah Allah SWT akan memberikan banyak pahala. Masih banyak hikmah sholat Idul Adha lainnya, berikut ialah pembahasannya.

1. Dihapuskan Dosanya

Hikmah sholat Idul Adha yang pertama ialah dihapuskan dosa-dosanya. Untuk mencapainya lakukanlah ibadah puasa Arafah dahulu. Puasa Arafah merupakan puasa sunah yang dikerjakan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Dengan melakukan puasa Arafah dan melaksanakan sholat Idul Adha, maka dosa selama setahun ke belakang dan dosa selama setahun ke depan akan dihapuskan.

2. Mendapatkan Pahala yang Berlipat

Hikmah yang kedua sudah disinggung sebelumnya yakni mendapatkan pahala yang berlipat. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa Allah SWT sangat memuliakan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada bulan Dzulhijjah. 

Karena bulan Dzulhijjah termasuk bulan yang suci dan mulia. Maka dari itu kerjakanlah kebaikan sebanyak-banyaknya agar memperoleh pahala yang banyak. Salah satu kebaikan itu ialah melaksanakan sholat Idul Adha.

3. Dijauhkan Dari Api Neraka

Hikmah yang ketiga ialah dijauhkan dari panasnya siksa api neraka. Hal ini sesuai dengan hadis yang menyatakan bahwa barang siapa yang mengerjakan suatu ibadah dengan ikhlas, maka akan dijauhkan dari api neraka. 

Lakukanlah ibadah di bulan Dzulhijjah dengan hati yang ikhlas dan niat yang murni untuk mendapatkan kebaikan. Dengan begitu Allah SWT akan menjauhkan dari siksa api neraka. 

Lakukanlah semua amalan ibadah di bulan yang suci tersebut dengan ikhlas karena Allah SWT. Perbanyaklah ibadah dan kebaikan untuk mendapatkan rida dan ampunan dari Allah SWT. Mintalah kepada-Nya untuk dijauhkan dari panasnya siksa api neraka.

4. Mempererat Tali Silaturahim

Hikmah yang keempat ialah mempererat tali silaturahim dengan saudara dan orang-orang sekitar. Dengan menyambung tali silaturahim dapat melipat gandakan pahala serta melancarkan rezeki. Solat Idul Adha dilaksanakan secara berjamaah, dengan begitu dapat bertemu dengan orang muslim lainnya untuk menyambung tali silaturahim.

Sehingga orang-orang yang sebelumnya susah bertemu karena kesibukannya dapat bertemu dan berkumpul saat melaksanakan sholat Idul Adha ini. Dengan begitu pahala yang didapatkan akan semakin banyak dan dapat memperlancar rezeki serta mempererat tali persaudaraan.

5. Menjadi Penyelamat di Dunia dan Akhirat

Hikmah yang kelima ialah menjadi penyelamat di dunia dan di akhirat. Penyelamat di dunia maksudnya akan dijauhkan dari berbagai bahaya dan musibah di dunia ini. Sementara penyelamat di akhirat maksudnya akan dijauhkan dari segala siksa saat sudah di akhirat kelak. 

Melaksanakan sholat Idul Adha dapat menjadi penyelamat di dunia dan di akhirat kelak. Selain itu saat beribadah sholat Idul Adha, dapat mengajarkan mengenai rasa sosial terhadap sesama. 

Sehingga dapat terhindar dari sikap sombong dan tinggi hati. Karena saat melaksanakan ibadah sholat Idul Adha secara berjamaah seseorang tidak akan dilihat status sosialnya, semuanya sama saja di mata Allah SWT.

6. Menjalankan Sunnah Rasulullah

Hikmah sholat Idul Adha yang terakhir ialah menjalankan sunnah Rasulullah SAW. Rasulullah mengajak umatnya untuk menjalankan sholat Idul Adha dan melaksanakan kurban sebagai bentuk syukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan. Selain mengingatkan bersyukur dengan menjalankan sunnah Rasulullah SAW, maka pahala yang didapatkan akan semakin banyak.

Itulah tadi hikmah sholat Idul Adha yang harus diketahui. Sebenarnya masih banyak hikmah dan keutamaan sholat Idul Adha lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk mengetahui mengenai hikmah dan keutamaan dari sholat Idul Adha.

Baca Juga : Hukum Nikah Siri Dalam Islam dan Tata Cara Agar Sah Secara Agama