Ibnu Sirin Penulis Interpretasi Mimpi Dalam Islam Yang Paling Terkenal

Ibnu Sirin Penulis Interpretasi Mimpi Dalam Islam Yang Paling Terkenal

Dalam sejarah islam, kita mengenal sosok Ibnu Sirin atau Abubakar Muhammad bin Sirin al-Bashri sebagai salah satu ahli fiqih yang sangat terkenal karena kemampuannya dalam menafsirkan mimpi. 

Walaupun masih menjadi bahan kajian sampai saat ini, buku yang berjudul A Concise Guide For The Interpretation of The Dreams masih menjadi rujukan paling banyak dipakai banyak orang dalam mentaqwil sebah mimpi.

Dalam islam, pandangan tentang mentafsirkan mimpi masih menjadi sebuah perdebatan. Sebagian ulama menyarankan untuk tidak menafsirkan mimpi. Terutama jenis mimpi yang berisi tentang kejadian buruk. Seperti kematian, pembunuhan, atau berkaitan dengan mimpi tentang musibah.

Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Jangan kau ceritakan kepada orang lain kelakuan setan yang mempermainkan dirimu di alam mimpi”.

Rujukan ini menjadikan sebagian ulama sangat berhati-hati dalam menafsirkan mimpi. Tidak semua orang memiliki pengetahuan dan kelebihan dalam menafsirkan mimpi. 

Namun berbeda hal-nya dengan tulisan interpretasi mimpi dari Ibnu Sirin, banyak ulama mengecualikan hal ini. Mereka berpendapat bahwa Ibnu Sirin merupakan seorang tokoh yang mendapatkan suatu kelebihan yang diberikan oleh Allah SWT.

Metode Yang Digunakan Ibnu Sirin Dalam Menafsirkan Mimpi

Menurut penjelasan yang kami kutip dari sebuah blog tafsir mimpi yaitu siopung.com menyebutkan,  jika metode yang digunakan oleh Ibnu Sirin cenderung menggunakan simbol-simbol interpretasi berdasarkan culture masyarakat pada masa itu.

Dalam menafsirkan sebuah mimpi, tentu kita juga perlu memperhatikan latar belakang seseorang. Apakah ia memiliki kebudayaan yang sama dengan si penafsir atau tidak. Aspek-aspek kebudayaan dan kepercayaan juga dapat mempengaruhi bagaimana seseorang menafsirkan simbol mimpi bagi kehidupan mereka.

Objek mimpi memiliki makna yang berbeda-beda. Bagi seorang muslim, memimpikan tentang anjing berarti menandakan sesuatu hal yang dilarang, haram, kotor, najis, atau kejahatan. Namun berbeda halnya jika yang memimpikannya bukan seorang muslim. Anjing bisa berarti tentang kesetiaan dan empati.

Ibnu Sirin adalah seorang ulama yang sangat cerdas. Ia dapat menggabungkan ilmu kebatinan dengan kecerdasan rasional dalam menafsirkan sebuah mimpi. Ini mengapa tafsir mimpi sangat spesial dan unik.