Khasiat Puasa Senin Kamis Untuk Keimanan dan Kesehatan

Khasiat Puasa Senin Kamis Untuk Keimanan dan Kesehatan

Puasa Senin Kamis merupakan puasa sunnah yang dianjurkan bagi umat muslim. Dinamakan puasa Senin Kamis karena dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis. Selain mendapatkan banyak pahala, puasa senin kamis juga dapat mendatangkan banyak khasiat dan manfaat yang menakjubkan. Apa saja khasiat puasa senin kamis? Berikut adalah pembahasannya.

1. Melatih Pengendalian Hawa Nafsu

Khasiat puasa senin kamis yang pertama ialah dapat melatih pengendalian hawa nafsu. Seseorang yang rajin menjalankan ibadah puasa senin kamis lebih mampu mengendalikan hawa nafsu di dalam dirinya. 

Hal ini sangat baik untuk para pemuda pemudi yang masih susah untuk mengendalikan hawa nafsunya. Puasa senin kamis merupakan solusi yang tepat untuk mengendalikan gejolak hawa nafsu tersebut.

2. Membuat Jiwa dan Perasaan Menjadi Lebih Tenang

Khasiat berikutnya adalah membuat jiwa dan perasaan menjadi lebih tenang dan santai. Seseorang yang rutin menjalankan ibadah puasa sunah ini cenderung lebih dapat mengendalikan pikiran dan perasaannya. 

Dengan terkendalinya pikiran dan perasaan tersebut maka perasaan tenang dan nyaman akan muncul di dalam jiwa. Jika selama ini memiliki kecemasan cobalah untuk rutin melakukan ibadah puasa senin kamis.

3. Meningkatkan Amalan Ibadah

Khasiat selanjutnya ialah mendapatkan banyak amalan. Karena sudah melakukan suatu sunah maka seseorang tersebut akan mendapatkan pahala tambahan atas apa yang telah dilakukannya. Perolehan pahala akan menjadi berlipat ganda karena sudah menjalankan sunah yang dianjurkan tersebut.

4. Mengistirahatkan Organ Dalam Tubuh

Khasiat puasa senin kamis berikutnya mengenai kesehatan. Organ-organ di dalam tubuh manusia diibaratkan sebagai mesin. Mesin-mesin tersebut butuh istirahat agar tidak rusak atau sebagainya. 

Sama seperti organ tubuh yang memerlukan istirahat juga, istirahatkan organ tubuh setidaknya sehari sampai dua hari dalam seminggu. Istirahatkan organ tubuh ini dengan menjalankan puasa senin kamis.

Mengistirahatkan organ tubuh ini berfungsi untuk mengeluarkan racun-racun dalam organ pencernaan, mengoptimalkan fungsi organ pencernaan, dan sebagai perawatan rutin agar organ tubuh tetap sehat.

5. Membantu Menurunkan Kadar Lemak

Lemak merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika kehadirannya terlalu banyak maka dapat mengundang berbagai penyakit. Cara untuk menurunkan kadar lemak tersebut adalah dengan rutin melakukan puasa senin kamis. Selain puasa senin kamis cara lainnya ialah dengan rutin berolahraga dan juga melakukan diet sehat.

6. Mengeluarkan Racun Tubuh

Banyak penelitian yang menyatakan jika rutin melakukan puasa senin kamis dapat mengeluarkan racun atau toksin dari dalam tubuh. Selain berolahraga cara efektif mengeluarkan racun tubuh lainnya ialah dengan berpuasa. Nantinya racun-racun ini akan ikut terbuang bersama urin atau saat buang air besar.

7. Meremajakan Sel-sel Kulit

Khasiat selanjutnya berhubungan dengan kecantikan. Puasa senin kamis terbukti dapat meremajakan sel-sel kulit yang sudah menua. Hal ini bisa terjadi karena metabolisme dalam tubuh akan berhenti saat sedang berpuasa, dan itu berdampak pada sel-sel tubuh yang menjadi lebih aktif lagi. Sama halnya dengan sel-sel kulit.

8. Dapat Mengencangkan Kulit

Khasiat berikutnya akan membuat para kaum hawa gembira. Pasalnya puasa senin kamis dipercaya bisa mengencangkan kulit. Hal ini bisa terjadi karena metabolisme dalam tubuh akan beristirahat saat sedang berpuasa, dan hal tersebut membuat sel-sel dalam tubuh bekerja dua kali lebih maksimal. Hasilnya kulit akan terlihat lebih kencang dan sehat.

Itulah tadi khasiat puasa senin kamis untuk keimanan, kesehatan, hingga kecantikan. Dengan rutin melakukan puasa senin kamis maka khasiat-khasiat diatas akan dengan mudah didapatkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk mengetahui mengenai khasiat puasa senin kamis.

Baca Juga : Cara Cek Haji Berdasarkan Nomor Porsi Melalui Aplikasi Dan Web Kemenag RI