Mengenali Tanda Tanda Orang Menghadapi Sakaratul Maut

Mengenali Tanda Tanda Orang Menghadapi Sakaratul Maut

Semua orang pasti akan menghadapi yang namanya kematian tapi ada pula yang sadar di fase merasakan tanda tanda orang menghadapi sakaratul maut . Tidak ada satupun orang yang bisa menghindar dari kematian. 

Karena kematian merupakan takdir yang telah ditentukan oleh Tuhan yang tentunya tidak bisa kami hindari dan bersifat rahasia. Besarnya penderitaan saat sakaratul maut tidak dapat diketahui kecuali oleh orang yang pernah merasakan hal tersebut. Berikut pemaparan tentang kala tanda- tanda orang menghadapi sakaratul maut.

Peringatan Malaikat Menghadapi Sakaratul Maut

Diceritakan ketika para Nabi bertanya kepada Malaikat maut. Apakah Malaikat maut telah memberikan peringatan kepada manusia agar mereka bersiap-siap menerima kedatangan Malaikat maut?

Malaikat maut pun menjawab memberikan peringatan kepada manusia dengan mengirimkan pesan yang sangat banyak untuk segera bertobat, diantaranya :

  1. Tenaga yang sudah mulai melemah
  2. Penyakit
  3. Adanya uban rambut
  4. Bertambahnya usia
  5. Serta berubahnya penglihatan dan pendengaran.

Tanda Tanda Orang Menghadapi Sakaratul Maut

Menurut sumber buku informasi dua media yang ditulis oleh Lukman Hakim saya dapat menyimpulkan bahwa, ada tanda-tanda menjelang sakaratul maut berikut adalah:

1. Tanda 100 Hari Akan Meninggal

Tanda tanda orang menghadapi sakaratul maut ini tidak semua orang mampu untuk menyadarinya dan hanya akan disadari oleh orang yang telah dikehendakinya. Ini akan berlaku setelah waktu ashar yang akan menunjukkan adanya perubahan pada tubuh yaitu dari ujung rambut hingga ujung kaki mengalami getaran yang seakan-akan menggigil. 

Tanda-tanda ini akan memiliki peluang baik bagi mereka yang telah ditakdirkan untuk bisa merasakan tanda-tanda kematian kemudian memanfaatkannya untuk berbuat hal positif dan mempersiapkan diri dengan amalan yang akan dibawa mati nanti.

2. Tanda 40 Hari Sebelum Hari Kematian

Tanda ini juga berlaku seusai ashar. Akan merasakan bagian sekujur tubuh yang berdenyut-denyut. Pada tanda ini malaikat maut akan selalu mengikuti kapan pun. Dan malaikat maut akan menampakkan sekilas wajahnya kepada mereka yang terpilih akan merasakan bingung seketika. Malaikat maut ini wujudnya hanya seorang yang kuasanya mampu mencabut jumlah nyawa orang yang akan dicabutnya.

3. Tanda 7 Hari Sebelum Hari Kematian

Tanda ini akan diberikan kepada orang yang sedang diuji dengan adanya musibah penyakit yang menimpa dimana sudah tidak ada lagi semangat dan selera untuk makan.

4. Tanda 3 Hari

Terjadi adanya denyutan pada dahi sebelah kanan dan kiri, jika ada tanda ini maka dianjurkan berpuasa agar perut dihilangkan dari kotoran dan najis. Hal ini akan memudahkan urusan bagi orang yang akan memandikan jenazah nanti. Pada tanda ini juga terdapat perubahan terhadap tubuh yaitu mata sudah tidak dapat bersinar lagi dan adanya perubahan pada tubuh yang lainnya.

5. Tanda Akhir Hari Kematian

Akan merasakan kesejukan dibagian tubuh. Dengan hal ini dianjurkan membaca kalimat syahadat dan memohon ampun kepada Allah. Manusia akan berdiam diri menantikan kedatangan malaikat maut menjemput dan kembali dimana asal manusia sebenarnya yang telah menghidupkan di perut ibu dan ketika kematian menjemput manusia juga akan kembali kepadanya.

Adapun cara malaikat mencabut ruh manusia

Malaikat Izrail yang diciptakan Allah dari cahaya memiliki kaki sebanyak 70.000 dan memiliki sayap sebanyak 4.000. Bahwa sesungguhnya telah dijelaskan dalam riwayat lainnya bahwa Malaikat Izrail mempunyai 4 wajah, yaitu:

  1. Diatas kepala untuk mencabut ruh para nabi dan malaikat
  2. Berada di muka untuk mencabut ruh orang mukmin
  3. Wajah yang berada di punggungnya untuk mencabut ruh orang kafir
  4. Wajah yang berada di kedua telapak kakinya untuk untuk mencabut ruh pada jin.

Bagaimana ? Dengan adanya tanda tanda orang menghadapi sakaratul ini apa kamu mempersiapkan diri ? Sebagai umat manusia harus percaya adanya kematian karna semua manusia akan kembali kepada Sang Kuasa yang mana telah senantiasa memberikan nikmat untuk hidup di dunia. Umur manusia tidaklah panjang tidak tau kapan akan dijemput oleh Sang Kuasa. Maka dari itu mari lakukan hal positif dan selalu memohon ampun, agar selalu diberikan kemudahan dalam menghadapi hal tersebut.

Baca Juga : Hikmah Sholat Idul Adha yang Harus Diketahui