Pengobatan Ala Rosul, Begini Cara Rasulullah Mengobati Penyakit

Pengobatan Ala Rosul, Begini Cara Rasulullah Mengobati Penyakit

Saat seseorang terkena penyakit, ikhtiar dengan berobat merupakan suatu kewajiban. Pengobatan ala rosul berikut ini cukup dianjurkan agar segela pulih kembali. Ikhtiar juga hendaknya dibarengi dengan tawakal dengan berdoa minta kesembuhan pada Allah.

Pada masa Rasulullah banyak umat yang terserang penyakit. Sebagai kekasih Allah, Rasul juga pernah mengalami sakit, karena Rasul juga kan manusia. Tetapi Rasulullah memiliki cara tersendiri dalam pengobatan penyakit yang dideritanya. Berikut ini cara pengobatan penyakit yang dianjurkan rasulullah.

1. Kompres Dengan Air

Pengobatan ala rosul yang pertama adalah kompres dengan air.  Hal ini pernah dipraktekan Rasul dahulu saat mengalami demam atau sakit panas. Rasul menganjurkan untuk melakukan kompres dengan air.

2. Ruqyah

Dalam hadis diriwayatkan bahwa Rasul pernah bercerita mengenai budak yang memiliki wajah hitam dari sisa perubahan warna kulit. Rasulullah mengatakan bahwa budak tersebut terkena penyakit karena pandangan mata yang dengki. Karena itu bacaan ruqiah diberikan untuknya agar kulit sang budak kembali normal.

Rasulullah sendiri juga pernah diruqyah oleh malaikat jibril saat beliau sakit. Seperti yang diriwayatkan dalam hadis muslim dan ahmad. Saat Rasul sakit, Aishah juga membacakan surat al falaq dan an nas kemudian meniupkannya di tangan dan mengusap wajah rosul dan tubuh dengan tanganya itu.

3. Bekam

Bekam juga merupakan salah satu pengobatan yang dilakukan rasulullah terdahulu. Tetapi belum menggunakan alat bekam secanggih sekarang. Berdasar riwayat ibn Abbas, Rasul merasakan sakit di bagian kepalanya saat berikhram, kemudian beliau dibekam pada bagian tersebut.

Saat itu Rasulullah dibekam oleh Abu Thaiban dengan upah dua sha makanan. Rasul kala itu juga berbicara pada keluarganya, kemudian mereka mengurangi sebagian dari pajak. Rasulullah berkata dalam hadist riwayat bukhari dan muslim yakni sebaik baik obat adalah berbekam.

Selaras dengan hadis yang diriwayatkan ibnu Abbas, Rasulullah berkata bahwa terdapat tiga metode penyembuhan, satu diantaranya adalah bekam. Allah melarang melakukan penyembuhan dengan menempelkan besi panas.  

4. Minum Madu

Madu memiliki banyak sekali manfaat, baik untuk mencegah maupun mengobati berbagai penyakit. Dahulu kala dikisahkan abu said al khudri dalam riwayat tirmidzi bahwa seseorang bergegas menemui Rasulullah untuk mengabarkan kondisi saudaranya yang diare dan sakit perut. Kemudian Rasul menyuruhnya untuk meminum madu.

Orang tersebut lantas kembali lagi ke Rasul dan mengatakan dia sudah memberi madu tetapi malah menjadi parah diarenya.  Rasul pun bersabda bahwa perut saudaranya telah berbohong. Kemudian orang itu memberinya madu kembali dan saudaranya pun sembuh.

Madu murni terkandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk kesehatan. Seperti antibakterial, antioksidan yang tinggi, meredakan batuk, dan segudang manfaat baik lainnya.

5. Minum Habbat Sauda

Terdapat hadist yang membahas mengenai obat yang cukup populer yakni jintan hitam atau habbatussauda. Herbal ini disebut-sebut berfungsi untuk mengobati beragam penyakit. Rasulullah pun mengatakan demikian.

Saat ini habbatussauda bisa dengan mudah dijumpai di toko herbal baik online maupun offline.  Perpaduan pengobatan antara bekam ruqyah dan herbal akan memberikan kesembuhan yang maksimal. Tetapi jangan lupa untuk bertawakal pada Allah, karena hanya Allah lah kesembuhan bisa didapatkan.

Saat pandemi corona begini sebaiknya umat muslim perlu menjaga diri serta kesehatan. Ikutilah pola hidup ala rasulullah. Berdoa dan ihtiar semaksimal mungkin agar dijauhkan dari bahaya penyakit yang mengancam kehidupan.

Itulah cara pengobatan ala rosul yang bisa dipraktekan. Islam memang merupakan agama yang mulia dan komplit. Segala sesuatunya sudah diatur dan dicontohkan oleh Rasul sebagai teladan umat muslim.

Baca Juga : Jilbab Syari Menurut Islam, Begini Ketentuannya