Takdir Jodoh Menurut Islam Dan Ketentuan Yang Utama

Takdir Jodoh Menurut Islam Dan Ketentuan Yang Utama

Setiap manusia, apalagi anak muda yang sudah cukup umur dan siap untuk menikah. Mereka akan menerka dan mendambakan siapa jodohnya di dunia. Bagaimana di kehidupan bisa menghabiskan waktu bersama orang yang diharapkan dan di sebutkan dalam doa. Namun, Bagaimana pun takdir jodoh menurut islam, semua bermuara pada Allah semata. Rahasia yang dipersiapkan untuk setiap manusia yang akan menuju jenjang pernikahan.

1. Percaya Akan Janji Allah Dalam Alquran

Bagi orang beriman, mempercayai akan janji Allah merupakan hal penting yang harus dilakukan dan difahami sepenuh hati. Beberapa ayat yang berhubungan takdir dan janji Allah kepada hamba-Nya yang beriman. 

Yaitu dengan melakukan doa yang sungguh-sungguh bagaimana memohon diberikan jodoh terbaik.Seperti yang diterangkan dalam Q.S Al Baqarah:152, bahwa saat mengingat Allah maka Allah akan mengingat hamba-Nya pula. 

Dan pada Q.S. Ghafir:60, bisa disimpulkan bahwa jika berdoa kepada Allah akan mengabulkan doa bagi hambaNya yang khusyuk berdoa. Kunci dari penerimaan takdir Allah yaitu berdoa dengan sungguh-sungguh dan ingatlah Allah sebagai sang maha Pemberi.

2. Memahami Hadis Tentang Perkara Jodoh

Hadis merupakan salah satu pedoman hidup bagi seorang muslim, dengan memahami bahwa pesan Rasulullah bahwa harus berpegang teguh pada Al-quran serta Al Hadis. Kedua wasiat itu menjadikan manusia lebih mengenal Allah. Dan dalam Hadis sendiri pun disebutkan tentang perkara jodoh, bahwa jodoh layaknya misteri.

Salah satu kesimpulan HR. Bukhari Muslim, tentang jodoh, bahwa Allah telah menetapkan empat perkara untuk manusia. Yaitu tentang rizi, ajal, amal manusia bahkan kecelakaan atau kebahagiaan yang didapatkan.Sehingga masing-masing orang bisa menyimpulkan dengan cara seksama sesuai dari hadis yang pernah didapatkan.

3. Siapakan Hati Dan Jiwa

Tazkiyatun Nafs, seharusnya hal ini merupakan dasar bahwa takdir jodoh menurut islam tidak hanya sekedar perayaan saja. Yaitu lebih mendalami maknanya dengan kesucian hati dan jiwa dalam rangka mempersiapkan diri menjemput jodoh atau menunggu jodohnya. Itulah mengapa sebuah persiapan awal begitu penting dengan melibatkan hati serta jiwa yang suci.

Dalam salah satu H.R Bukhari Musim, bahwa jika hati seoramg hamba baik, maka baiklah seluruhnya. Bisa disimpulkan bahwa menata hati ini sangat penting dan erat kaitannya dengan penghambaan kepada Allah Swt. Namun jika hati buruk, maka buruk lah seluruh tubuh dan Allah tidak menyukai hal yang buruk pada diri manusia.

4. Memandang Takdir Adalah Hal Terbaik

Sebagai umat islam dan percaya sepenuhnya pada segala yang Allah tetapkan. Maka pandangan diri terhadap takdir yang Allah beri merupakan hal terbaik yang diberikan. Pemberian dari Allah apapun itu tentu memberikan gambaran kepada manusia bahwa Allah sang Maha Pemberi. 

Sehingga manusia tidak perlu khawatir karena Allah telah memberi segalanya sesuai porsi. Dalam pemahaman yang mendalam, maka saat diberi apapun pada Allah. Segala harus disyukuri sehingga jika bersyukur, Allah akan memberikan tambahan nikmat kepada hambaNya. 

Hal ini dituangkan secara mendetail di QS. Ibrahim:7 dan dapat disimpulkan bahwa segala yang Allah beri harus disyukuri. Sehingga Allah akan selalu berikan nikmat yang tidak pernah habis.

5. Memahami Bahwa Jodoh Adalah Rahasia Allah

Segala sesuai yang ada di bumi ini berjalan sesuai apa yang Allah kehendaki. Sesungguhnya segala hal merupakan rahasia Allah, begitu pula dengan jodoh. Bahwa jodoh merupakan suatu hal yang seakan kasat mata, manusia hanya bisa melakukan rencana. 

Sementara itu, Allah dengan segala kuasanya atas makhluk akan memberikan takdir sesuai porsinya. Seperti yang dapat disimpulkan dari Q.S Lukman:34 bahwa semua makhluk tidak pernah tahu apa yang di rahim ibunya. 

Sehingga diperlukan persepsi yang sama agar informasi masuk via satu pintu. Kemudian adanya pemahan tentang hari kiamat dan pemahaman akan ayat yang diutup.

Ada beberapa takdir dan tentang jodoh, tentu orang tua akan membantu memberikan solusi. Sehingga semakin hari para pasien bisa segera sembuh dan dokter kerjasamanya terjalin mainan ini. Sehingga dalam memahami takdir jodoh menurut Islam, bisa dengan cara sholat, zakat mal, dan sebagainya.

Baca Juga : Mengenali Tanda Tanda Orang Menghadapi Sakaratul Maut